Harta adalah apa yang dimakan sampai kenyang, yang dipakai sampai lapuk dan yang di sumbangkan kepada orang lain. Mahluk yang paling mulia di dunia ini adalah manusia, dan bagian tubuh manusia yang paling mulia adalah hati

CA RAWA DANAU



KEADAAN FISIK KAWASAN
Luas dan letak
Kawasan hutan Rawa Danau seluas 2.500 ha ditetapkan sebagai Cagar Alam (CA) berdasarkan Goverment Besluit (GB) tanggal 16-11-1921 nomor 60 stnl. 683. Menurut Administrasi pemerintahan, Cagar Alam Rawa Danau termasuk dalam tiga kecamatan , yaitu : Kecamatan Padarincang, Kecamatan Pabuaran dan Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang.

Topografi
Sebagian besar topografinya relatif datar, hanya di bagian utara terdapat bukit kecil, yaitu Gunung Jamungkal seluas 8 Ha dengan ketinggian 192 m di atas permukaan laut. Hampir setiap saat sebagian besar kawasan hutan tanahnya terendam air dengan kedalaman rawanya bervariasi dari 2 m sampai dengan 10 m.

Iklim
Menurut klasifikasi Schmidt dan Ferguson, keadaan iklim kawasan ini termasuk tipe B dengan nilai Q 10,8. Bulan kering terjadi pada bulan Juli dan Agustus, sedangkan bulan basah dari bulan September sampai dengan bulan Juni. Temperatur rata-rata antara 170C-250C.

POTENSI BIOTIK
Flora
Vegetasi Cagar Alam Rawa Danau merupakan type ekosistem rawa air tawar pegunungan. Jenis tumbuhan berkayu yang mendominir kawasan ini adalah : Jajaway (Ficus retusa), gagbusan (Alstonia spatulata), Mareme (Glochidion lucididum), Rengas (Gluta rengas) dan Kisirem (Engenia spicata). Untuk tumbuhan bawah didominasi oleh jenis rumput-rumputan (Gramineae).

Fauna
Beberapa jenis satwa yang ada dalam kewasan Cagar Alam Rawa Danau di antaranya adalah : Bango Tong-tong (Leptoptilos javanicus), Kuntul Kerbau (Bubulcus ibis), Raja udang Biru (Halcyon chloris), Kuntul Putih (Ardeola sp), Elang ular (Spilornis cheela), Ular sanca (Phyton reticulatus), Kera (Macaca fascicularis), Lutung (Trachypitecus auratus), Bajing tanah (Lariscus insignis), Kalong (Pteropus vampirus), Biawak (varanus salvator) dan kura-kura (Tryonix cartilangineus).

AKSESIBILITAS

Untuk mecapai Cagar Alam Rawa Danau dapat ditempuh melalui rute : Jakarta - Serang - Anyer - Mancak dengan kondisi jalan baik, dari Serang - Padarincang - Cimanuk sejauh 4 km kondisi jalannya kurang baik (belum diaspal). Dari Cimanuk ke lokasi dapat di tempuh dengan jalan kaki dan dilanjutkan dengan menggunakan perahu kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar